Recent Posts

header ads

Pesawat Supersonik yang akan Mengudara di 2020

Era baru penerbangan supersonik sudah ada di depan mata. Terbaru, pesawat supersonik penumpang akan mengudara tahun 2020 dan segera menyusul pesaingnya.

Ada dua perusahaan AS yang berencana menyajikan pesawat supersonik ke pasar pada pertengahan 2020-an. Pesawat yang ini buatan Aerion Corporation, namanya AS2 (Foto: Aerion/CNN)

Waktu perjalanan yang ditawarkan dari New York ke London hanya dalam tiga jam 15 menit. Target produsen itu dari maskapai dan jet eksekutif. Pesawatnya mampu mengelola suara ledakan sonik (Foto: Aerion/CNN)

Salah satu hal yang tidak dimiliki AS2 dan yang dimiliki Concorde adalah afterburner. Yakni, sebuah sistem di mana bahan bakar disemprotkan ke pembuangan mesin dan dibakar untuk meningkatkan daya dorong saat lepas landas dan akselerasi pesawatnya (Foto: Aerion/CNN)

Mitra dalam program AS2 Aerion yakni GE yang memulai debutnya mesin supersonik Affinity tahun lalu dan Spirit AeroSystems yang membuat pesawat bertekanan AS2. Di kokpit, Honeywell merevolusi kabin dan menggunakan keahliannya dalam jet militer supersonik untuk merancang prosesor, display, sensor, dan sistem kontrol penerbangan (Foto: Aerion/CNN)

Di luar penerbangan komersial AS2 pertama pada 2026, Aerion akan melakukan beberapa rencana. Sebuah pesawat AS3 sedang dalam pengerjaan dengan rencana di masa depan akan ada pesawat supersonik hibrida-listrik hingga diganti yang sepenuhnya listrik dan dinamai ASX (Foto: Aerion/CNN)

Pesawat kedua yang dibuat di Denver, Colorado, sebuah pesawat supersonik berkapasitas 55-75 tempat duduk bernama Overture dari Boom. Pesawat ini dirancang terbang di Mach 2.2 (1.451 mph) dengan banderol USD 200 juta dan mengudara pada 2023 (Foto: CNN)