Recent Posts

header ads

MEMANDANG, MENGENALI DAN MENGAKTUALISASIKAN ISLAM KE DALAM SISTEM / AGAMA YANG TAUHID


BISMILLAHI TAWAKALNA 'ALALLAH
LAA HAULAA WALAA KUWATA ILABILLAH

Banyak hal yang salah kaprah dalam memahami ISLAM oleh orang ISLAM itu sendiri, pemahaman yang salah kaprah itu karena faktor ketidaksempurnaan cara pandang yang mengakibatkan penilaian-penilaian sepihak yang merugikan ISLAM. Faktor ketidaksempurnaan secara mutlak berupa pandangan sebagian-sebagian untuk memberi nilai ISLAM secara keseluruhan, sehingga ISLAM tidak dimaknai secara TERPADU / INTEGRATED / TAUHID / KAFFAH.

Pandangan sepihak dan sebahagian tersebut dapat dianalogikan dengan seekor GAJAH yang minta dinilai oleh orang yang baru mendengar kata GAJAH, tetapi buta / belum pernah melihatnya sama sekali. Ketika orang tersebut hanya memegang ekornya, maka ia mendeskripsikan GAJAH seperti ULAR, ketika ia hanya memegang kakinya, maka ia mendeskripsikan GAJAH seperti POHON PISANG, demikian juga ketia ia hanya memegang satu bagian tubuh yang lainnya, ia akan mendeskripsikannya identik dengan bagian tubuh GAJAH yang dipegangnya.

Demikian juga dengan ISLAM, sebuah cita2 luhur keselamatan manusia fii dunya wal akhirot, yang direalisasikan oleh AGAMA sebagai sebuah SISTIM atau DINN yang menjalankan ISLAM secara TERPADU / TERINTEGRASI / TAUHID. Namun, unsur-unsur TAUHID tersebut diabaikan oleh para pemeluknya, sehingga ISLAM cukup diterjemahkan ke dalam FIRQAH - FIRQAH atau GOLONGAN - GOLONGAN, yang dapat dipastikan masing - masing akan MEMBENARKAN FIRQAH / GOLONGANNYA. Di sisi lain, unsur KETERPADUAN / KETAUHIDAN hanya digali secara kulit luarnya saja yaitu SATU TUHAN atau TUHAN YANG SATU sebagai unsur keyakinan MONOTHEISME semata.

KETAUHIDAN itu seharusnya dijalankan oleh AGAMA / DINN / SISTEMNYA, dan bukan pada ISLAM-nya. Karena ISLAM itu adalah HASIL dari sebuah gagasan ALLAH yang realisasikan oleh AGAMA / DINN / SISTIM itu, sehingga ISLAM itu disebut sebagai DINNUL TAUHID atau AGAMA / SISTEM yang TAUHID / TERPADU. Celakanya, pemeluk ISLAM sekarang sudah merasa BERTAUHID hanya dengan mengagungkan nama-Nya di MASJID, padahal itu MASIH JAUH PANGGANG DARI API. Karena, bisa jadi semakin diagungkan nama-Nya namun KETAUHIDAN yang sesunguhnya tidak dijalankan, maka hanya akan menghasilkan AZAB dan AZAB secara kolektif yang bisa menimpa sebuah BANGSA sekalipun, itu dikarenakan masyarakatnya merasa sudah BERTAUHID dalam KETIDAKTAUHIDAN.

LANTAS, apa dan bagaimana yang dapat menghantarkan orang ISLAM ke dalam TAUHID yang SEBENAR-BENAR TAUHID ? dan bagaimanakah wujud TAUHID yang sebenarnya? bagaimana wujud wadah yang diinginkan ALLAH yang sudah dijalankan oleh para Nabi dan Rosul-Nya?

Maka dengan berbismillah, kami sangat ingin bersawasiah fil 'ilmi untuk mewujudkan sebuah PARADIGMA ISLAM YANG AKTUAL SEBAGAI AGAMA YANG TAUHID, KAFFAH 100% DENGAN RAHSIA-RAHASIANYA YANG TERSIMPAN DI DALAM AL-QURAN DAN AL-HADIST SHOHEH.

Semoga BLOG ini bermanfaat .... AMIN ...